PUSAT PELAYANAN ORDER PRODUK VITAMIN TERNAK VITERNA. HUBUNGI CALL CENTRE STOCKIST PT NATURAL NUSANTARA TLPN WA: 085 222 373 224

CARA MENGATASI PENYAKIT AYAM JOPER

PENGELOLAAN PENYAKIT AYAM JOPER



Hal yang tak kalah pentingnya adalah pengelolaan penyakit.kita semua akan setuju dengan statement" mencegah lebih baik dari pada mengobati"
Pencegah penyakit dapat di lakukan dengan tindakan antara lain :
Menjaga sanitasi lingkungan  kandang, peralatan kandang dan manusianya
Pemberian pakan yang fresh dan sesuai dengan kebutuhan ternak
Melakukan vaksinasi secara teratur
Pemilihan lokasi peternakan di daerah yang bebas penyakit
Menejemen pemeliharaan yang baik
Kontrol terhadap binatang lain

Berikut kami uraikan sedikit beberapa jenis penyakit yang kerap menyerang ayam kampung super :

a.Tetelo ( ND )
Penyebab :paramyxivirus

Gejala: ngorok dan batuk batuk, gemetaran, kepala berputar putar, kelumpuhan pada kaki dan sayap, kotoran berwarna putih dan kehijauan.
Pencegah dan pengobatan : vaksinasi secara teratur, sanitasi kandang, terhadap ayam yang terkena ND maka harus di bakar. menurut ahli peternakan belum bisa di sembuhkan, hanya bisa di cegah lewat vaksin, tetapi dengan ramuan herbal ( daun sirih, kunyit,temulawak, brotowali dan jahe ) bisa di atasi meskipun butuh waktu agak lama kurang lebih 15 hari nonstop di beri air minum herbal 100% tapi ayam sembuh. prosenya gimana saya juga tidak tahu. tapi ayam sembuh bisa dikombinasi dengan obat kimia doctril atau neomeditril atau terapy.

b.Gumboro ( gumboro disease )
Penyebab : virus

Gejala : Ayam tiba tiba sakit dan gemetar serta bulu bulunya berdiri, sangat lesu, lemah dan malas bergerak, diare putih di sekitar anus.
Pencegahan dan pengobatan : sama seperti Tetelo.

c. Penyakit cacing ayam ( worm disease )
Penyebab: cacing ascaris

Gejala pertumbuhan terhambat, kurang aktif, bulu kelihatan kusam
Pencegah dan pengobatan : pemberian obat cacing secara berkala,sanitasi kandang yang baik, penggantian litter kandang secara berkala,dan mencegah serangga yang dapat menjadi induk semang perantara.
Pemberian herbal 100%,ayam sembuh dalam 3 hari,cacing ikut keluar bersama keluarnya kotora bisa di kombinasi obat cacing seperti pipedon-x liquid, sulfaquinoxalin, sulfamezatin, dan piperazin.

d. B erak kapur ( pullorum )
Penyebab : Bakteri salmonella pullorum

Gejala : anak ayam bergerombol di bawah pemanas, kepala menunduk kotoran melekat pada bulu bulu di sekitar anus.
Pencegah dan pengobatan : mengusahakan induk terbebas dari penyakit ini, fumigasi yang tepat pada mesin penetas dan kandang. Penyembuh penyakit perlu 7-8 hari dengan herbal 100% dan obat koleridin,noxal, coxalin, dan trymezin. Hati hati penyakit ini bisa bersifat kronis hingga accut ( ganas) seperti pada tetelo dan gumboro.

e. Berak darah ( coccidiosis )
Penyebab :protozoa eimeria sp

Gejala: anak ayam terlihat sangat lesu,sayap terkulai,kotoran encer yang warnanya coklat campur darah,bulu bulu di sekitar anus kotor, ayam bergerombol di tepi atau sudut kandang.
Pencegah dan pengobatan : mengusahakan sanitasi yang baik dan sirkulasi udara yang baik pula atau bisa juga dengan pemberian coccodiostat pada makanan sesuai takaran. Dosis pengobatan air minum 100% air godokan herbal di kombinasikan dengan obat cocy atau anticocy selama 7 hari berturut turut.

f.Snot / corizxa /pilek

 Gejala: pilek hidung yang mengeluarkan air, yang lama kelamaan menggumpal menutupi lubang hidung , kepala bengkak kemerahan.
Pencegahan dan pengobatan : pemakaian herbal 100% selama 5 hari di kombinasikan dengan obat TRYMEZIN.

g.CRD ( chronis respiratory disease )

Gejala :CRD merupakan penyakit yang bersifat kronis, artinya gejala penyakit tidak terlihat secara frontal, tapi akan muncul secara berlahan lahan, maka peternak yang kurang teliti,sekali keserang ayam sudah sedikit accut.
Pencegah dan pengobatan : sebenarnya untuk mendeteksi CRD sangat gambang sekali,masuk ke kandang ayam pada malam hari, dengarkan ada nggak suara ngorok, batuk atau kecekik. seandainya terdengar segera ambil tindakan, sebab penyakit ini penyebaranya cepat sekali, penyembuhan selama 7 hari dengan di beri air minum herbal 100%,kombinasi obat NEO MEDITRIL atau KOLERIDIN.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGATASI PENYAKIT AYAM JOPER"

Posting Komentar

komentarlah yang beretika...!