PUSAT PELAYANAN ORDER PRODUK VITAMIN TERNAK VITERNA. HUBUNGI CALL CENTRE STOCKIST PT NATURAL NUSANTARA TLPN WA: 085 222 373 224

APLIKASI DAN DOSIS TON NASA UNTUK UDANG

Cara aplikasi dan Dosis TON NASA untuk udang 

TON NASA (Tambak Organik Nusantara) merupakan formula organik untuk budidaya udang untuk mencapai hasil yang memuaskan . berikut adalah beberapa mitode penerapan produk NASA TON yang merupakan pupuk tabur untuk tambak dan kolam , Aplikasi dan pemakaian TON :


Pemakaian TON pada dasar tanah :

Dosis 1kg per Hektar :
Aplikasi pada saat persiapa kolam /sebelum isi air aplikasi TON yang pertama di lakukan di tanah dasar kolam/tambak pada saat setelah pengeringan sesudah panen. Aplikasinya dengan cara di tabur di tanah secara merata , atau bisa di larutkan dulu lalu di siram ke dasar tanah hingga merata.
Aplikasi TON dilakukan sebelum dilakukan pengapuran. menurut teknis yang benar setelah di aplikasikan TON kemudian di lalakukan pengapuran dengan kapur dolomit.dosis penggunaan kapur dolomit adalah 1 ton per hektar (100kg per 1000m2) atau sesuai dengan pH aktual, setelah itu kolam di biarkan selama 2-3 hari kemudian di isi air setinggi mata kaki dulu (kurang lebuh 9cm),dan biarkan selama 3 hari untuk TON bekerja ,lalu kemudian air di masukan sampai penuh (kedalaman 100-120 cm).

Fungsi Aplikasi TON pada saat pengeringan ini adalah untuk menetralkan berbagai gas dan senyawa beracun sisa pembusukan bahan organik yang di hasilkan oleh budidaya sebelumnya yaitu amoniak dan H2S.

Selain sebagai penetral senyawa atau gas beracun tersebut, TON juga berfungsi menumbuhkan plankton yang berguna sebagai pakan alami udang .

Aplikasi selama budidaya berlangsung :
Selama budidaya berlangsung, TON juga harus di berikan secara periodic (rutin) ke air kolam atau tambak . TON ditaburkan/disiramkan ke air kolam setiap 15 sampai 20 hari sekali,
Dosis : 500 g (2 botol) tiap kali aplikasi. siramkan atau taburkan merata ke air kolam.

Fungsi utama adalah untuk mempertahankan kuwalitas air agar tidak terlalu menurun secara drastis karena pembentukan senyawa atau gas yang beracun tadi , selain itu TON juga berfingsi juga menumbuhkan dan menyuburkan plankton yang baru sehingga ketersediaan plankton di tambak selalu terjaga .

Aplikasi TON pada kolam dari semen atau terpal :
Pada kolam semen atau terpal, maka tidak di perlukan pengolahan lahan seperti di lahan tanah , oleh karena itu pemakaian TON hanya di lakukan setelah isi air .
pemakain pertama yaitu setelah pembersihan selesai dilakukan isi kolam denga air setinggi 20 cm , tebarkan dan siramkan TON dan dosis 1 kg per hektar (satu sendok makan penuh per 1 m2 ), setelah itu air di berikan selama 3 hari setelah itu diisi penuh untuk keperluan budidaya .

Perlakukan berikutnya di lakukan setelah ikan berumur 15 hari dengan dosis yang sama dan di ulang setiap 15 hari untuk menjaga kualitas air kolam budidaya .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APLIKASI DAN DOSIS TON NASA UNTUK UDANG"

Posting Komentar

komentarlah yang beretika...!