PUSAT PELAYANAN ORDER PRODUK VITAMIN TERNAK VITERNA. HUBUNGI CALL CENTRE STOCKIST PT NATURAL NUSANTARA TLPN WA: 085 222 373 224

VITAMIN TERBAIK UNTUK AYAM BROILER ATAU PEDAGING

VITAMIN TERBAIK UNTUK AYAM BROILER ATAU AYAM PEDAGING

Ayam broiler atau ayam pedaging adalah jenis ayam ras yang dapat menghasilkan daging dalam waktu yang cukup singkat yaitu sekitar 5 hingga 7 minggu.


Berikut adalah cara ternak ayam pedaging atau broiler

1. Pemilihan Bibit

Berikut adalah ciri-ciri bibit yang baik :

  • Sehat dan aktif bergerak
  • Tubuh gemuk (bulat)
  • Bulu sehat dan mengkilat
  • Hidung bersih, mata tajam dan bersih serta anus bersih
2. Lahan Ternak atau Kandang

Kandang yang ideal untuk beternak ayam pedaging adalah :
  • Kandang memiliki lokasi yang jauh dari pemukiman tapi mudah dicapai dengan menggunakan sarana transportasi, ada sumber air, dekat dengan toko sarana peternakan serta arah kandang membujur dari timur ke barat
  • Sirkulasi udara dalam kandang baik agar kebutuhan oksigen ternak terpenuhi.
  • Suhu dalam kandang haus ideal suhu harus di sesuaikan dengan umur ternak.
Kandang ternak memilika dua tipe yaitu bentuk panggung dan tanpa panggung atau litter. Tipe panggung membuat lantai kandang lebih bersih dan tidak memerlukan alas kandang karena kotoran ternak akan jatuh ke bagian bawah kandang, memang lebih efisien tetapi biaya pembuatan kandang ini mahal. Sedagkan, tipe litter lebih banyak digunakan karena lebih mudah pembuatannya dan lebih murah biayanya.

Pada awal pemeliharaan kandang harus ditutup agar kehangatan suhu tetap terjaga, sehingga energi yang diperoleh dari pakan seluruhnya digunakan untuk pertumbuhan bukan digunakan untuk produksi panas tubuh. Dalam setiap meter persegi kandang ditempati sekitar 8 hingga 10 ekor ayam.

3. Pakan

Pakan yang diberikan pada ternak harus memenuhi kebutuhan nutrisi ayam, agar setiap harinya ayam dapat bertambah berat. Pemberian pakan menggunakan sistem selalu tersedia atau tanpa batas (sistem adlibitum).

4. Vaksinasi

Vaksinasi adalah pemasukan bibit penyakit yang di lemahkan ke tubuh ayam agar dapat membuat kekebalan alami dalam tubuh ayam. Vaksinasi penting yaitu vaksinasi ND/tetelo. Vaksinasi dilakukan pada saat ternak berumur 4 hari menggunakan vaksin ND strain B1, vaksin tersebut diberikan dengan metode tetes mata. Pada saat ternak berumur 21 hari lakukan lagi vaksinasi dengan vaksin ND Lasotta melalui air minum atau suntikan.

5. Teknis Pemeliharaan

Minggu pertama (hari ke 1 hingga 7), kutuk/DOC dipindahkan ke indukan atau pemanas, segera diberi air minum hangat dan pakan sekitar 13 gram atau 1,3 kg untuk 100 ekor ayam. pakan yang diberikan pada awal pemeliharaan berbentuk butiran-butiran kecil (crumbles). Tapi, mulai hari ke-2 hingga ayam dipanen air minum ternak sudah berupa air dingin.

6. Penyakit

Penyakit yang sering menyerang ayam pedaging atau ayam broiler adalah:
  1. Tetelo
  2. Gumboro
  3. Berak Kapur
7. Sanitasi atau Cuci Hama Kandang

Setelah melakukan panen maka yang harus dilakukan adalah mencuci kandang lalu melakukan pengapuran pada bagian lantai atau dinding kandang, setelah itu lakukan penyemprotan formalin agar bibit penyakit dapat terbunuh. Diamkan kandang selama 10 hari, setelah 10 hari baru diberi bibit ternak kembali.

VITERNA PLUS


VITERNA Plus merupakan suplemen pakan tenak yang diolah dari berbagai macam bahan alami (hewan dan tumbuhan), memberikan zat-zat yang sangat diperlukan ternak untuk :
  1. Meningkatkan kuantitas (peningkatan Average Daily Gain / ADG bagi sapi dan peningkatan bobot panen bagi ayam) - kualitas daging (mengurangi kandungan kolesterol)-kesehatan ternak (mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit) semuanya merupakan aspek K-3
  2. Memacu enzim-enzim pencernaan ternak.
  3. Memberikan mineral-mineral esensial maupun non esensial.
  4. Memberikan berbagai macam nutrisi alami untuk pertumbuhan ternak (protein,lemak,vitamin,dsb).
  5. Menambah kandungan asam-asam lemak di dalam rumen / lambung ternak.
  6. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pakan (TDN).
  7. Mengandung hormon pertumbuhan alami untuk mempercepat pertumbuhan ternak.
  8. Meningkatkan nafsu makan.
  9. Mengurangi kandungan kolesterol daging dan mengurangi bau kotoran ayam.
  10. Produk alami aman untuk ternak dan lingkungan.
CARA PAKAI :
  1. Ternak Besar : Sapi,Kerbau,Kuda,dll. 5-10 cc perhari dicampurkan air minum atau campura pakan (komboran).
  2. Ternak Kecil : Kambing,Kelinci,Babi,dll. 4-8 cc perhari dicampurkan air minum atau campuran pakan (komboran)
  3. Ternak unggas : Ayam,Itik,dll. 1-2 cc/lt air minum setiap hari satu kal

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "VITAMIN TERBAIK UNTUK AYAM BROILER ATAU PEDAGING"

Posting Komentar

komentarlah yang beretika...!