PUSAT PELAYANAN ORDER PRODUK VITAMIN TERNAK VITERNA. HUBUNGI CALL CENTRE STOCKIST PT NATURAL NUSANTARA TLPN WA: 085 222 373 224

CARA MENINGKATKAN PRODUKSI IKAN NILA

CARA MENINGKATKAN PRODUKSI IKAN NILA

Ikan nila merupakan jenis ikan untuk di konsumsi dan ikan ini hidup pada air tawar. Ikan ini sangat lah mudah di budidayakan semakin tinggi nya permintaan masyarakat semakin banyak pula yang membudidaya. Dengan teknik budidaya yang sangat lah mudah dan simple bisa di budidayakan di rumah ataupun di lahan yang luas.


Karena begitu banyaknya peluang yang di dapatkan daya di peroleh dari ikan nila mari kita simak bagaimana sih cara budidaya ikan nila yang sukses dan cepat panen dalam waktu singkat :

Potensi Budidaya Ikan Nila

  • Memiliki daya tahan yang sangat lah tinggi dengan perubahan lingkungan yang tinggi
  • Memiliki saya adaptasi yang tinggi 
  • Bersifat omnivora pertumbuhan yang sangat lah cepat
  • Tahan dan kebal pada serangan penyakit dan virus
  • Yang penting pertumbuhan nya sangat lah cepat
Kelebihan Budidaya Ikan Nila
  • Cepat berkembang biak
  • Sangat mudah di budidayakan 
  • Dapat di budidayakan di berbagai kolam
  • Kaya gizi dan vitamin
Cara Budidaya Ikan Nila

1. Tempat Pemeliharaan

Tempat pemeliharaan atau sering disebut dengan kolam, jenis kolam yang sangat lah bagus yaitu bekas persawahan, tambak ataupun terpal bahkan bisa di buat dengan semen. Agar biaya yang tidak lah memakan banyak gunakan lah terpal agar menghemat biaya.

2. Pembuatan Kolam

Untuk ukuran kolam yang ideal berukuran antara dengan lebar 2x2, dengan tinggi 2,5 m dalam ukuran ini anda dapat membudidayakan ikan nila sejumlah 15000 ekor ikan nila.

3. Pemilihan Bibit

Pemilihan ini dilakukan secara detail dan juga penuh dengan kejelihan agar tidak ada kekliruan dalam pemilihan bibit dan benih.

Sebaiknya bibit ikan nila anda beli saja di pasaran dan di tempat pembenihan agar tidak ribet dalampembenihan. Pastikan bibit tersebut berkualitas dan sehat, serta tidak terserang penyakit.

4. Perawatan Ikan Nila 

Tahap selanjutnya perawatan ikan nila ini dilakukan secara intensif dengan cara sebagai berikut :

  • Pemberian makan 2x dalam satu pagi dan sore
  • Berikan vitamin agar pertumbuhan normal
  • Selalu menjaga kebersihan kolam dan sekitar kolam
  • Selalu menjaga kesetabilan air dan mengantinya, sebaiknya air selalu mengalir agar tidak ada pertumbuhan penyakit
5. Penyakit Pada Ikan Nila

1.  Stres
Akibatnya dengan air yang tidak pernah di ganti mengakibatkan stress cara menanganinya dengan menganti air secara berkala

2. Kurang Nafsu Makan

Hal ini karena kurangnya pemberian vitamin pada ikan yang menyebabkan ikan kurang nafsu makan

3. Terserang Penyakit

Hal ini karena zat asam yang terlalu berlebihan pada air menyebabkan ikan terserang penyakit cara penangganannya pindahkan ikan yang terserang penyakit di kolam tertentu


6. Pasca Panen

Secara umum, ikan nila di panen 4-6 bulan tergantung perawatan dalam pembudidaya. Serta ikan yang pantas di pilih sesuai dengan keinginan anda. Jika pertumbuhan lambat jangan di panen dan di pisahkan di tempat yang lainnya.

Agar produksi ikan nila dapat maksimal berikan vitamin sebagai berikut

1.TON

TON spesial tambak mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan untuk perbaikan lingkungan/ekosistem tambak. Selain unsur-unsur ionik yang aktifitasnya tinggi, juga mengandung karbon aktif yang sangat baik untuk mengikat senyawa-senyawa beracun (toxic) yang mencemari lingkungan pertambakan.

2. POC NASA


POC NASA merupakan bahan organik murni berbentuk cair dari limbah ternak dan unggas, limbah alam dan tanaman, beberapa jenis tanaman tertentu serta bumbu-bumbu/ zat-zat alami tertentu. Yang diproses secara alamiah dengan konsep "ZERO EMISION CONCEPT".

3. VITERNA PLUS


VITERNA PLUS merupakan suplemen pakan ternak yang diolah dari berbagai macam bahan alami (hewan dan tumbuhan) memberikan zat-zat yang sangat diperlukan ternak.

Semoga cara diatas dapat bermanfaat




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENINGKATKAN PRODUKSI IKAN NILA"

Posting Komentar

komentarlah yang beretika...!