PUSAT PELAYANAN ORDER PRODUK VITAMIN TERNAK VITERNA. HUBUNGI CALL CENTRE STOCKIST PT NATURAL NUSANTARA TLPN WA: 085 222 373 224

CARA MENGATASI SUHU EKSTRIM DI KOLAM TERPAL

CARA MENGATASI SUHU EKSTRIM DI KOLAM

Ketika melakukan budidaya ikan dengan menggunakan kolam terpal, selain kualitas air, Anda juga harus menjaga temperature suhu air. Hal yang sering terjadi adalah suhu air tidak stabil, jika siang hari suhu akan panas sekali sedangkan ketika malam suhu air akan dingin sekali. Dengan suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin ini bisa menjadi salah satu penyebab ikan akan mati. Untuk budidaya ikan lele suhu air paling ideal berkisar 28-30 derajad C. Pada budidaya ikan koi suhu yang terlalu dingin akan mengakibatkan nafsu makan ikan menurun dan kekebalan tubuh ikan ikut turun, sehingga ikan mudah terseang penyakit atau bakteri dan membuat ikan mati. Ciri-ciri temperature suhu yang terlalu dingin, antara lain ikan akan bergerombol pada salah satu sisi kolam.


Sementara itu, untuk mencegah suhu terlalu dingin di malam hari pada kolam terpal bisa dengan cara memberi alas sekam padi setinggi 10-12cm sebelum memasang terpal. Sekam padi ini berfungsi sebagai isolator dan juga sebagai alas agar tanah menjadi rata dan terpal tidak mudah berlubang. Sedangkan untuk masalah suhu yang terlalu panas karena sinar matahari, yang perlu diperhatikan adalah kedalaman kolam. Untuk kolam budidaya lele, tinggi/kedalaman kolam paling ideal adalah 100-120cm. Selain kedalaman kolam perlu juga ditambah enceng gondok untuk tempat berteduh ikan.

Demikian sedikit tips dan trik mengatasi suhu ekstrim pada kolam terpal, semoga bisa membantu budidaya ikan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGATASI SUHU EKSTRIM DI KOLAM TERPAL"

Posting Komentar

komentarlah yang beretika...!