PUSAT PELAYANAN ORDER PRODUK VITAMIN TERNAK VITERNA. HUBUNGI CALL CENTRE STOCKIST PT NATURAL NUSANTARA TLPN WA: 085 222 373 224

CARA MENGATASI BERAK PUTIH PADA UDANG VANAME

CARA MENGATASI BERAK PUTIH PADA UDANG VANAME

Penyakit kotoran putih atau berak putih (White Desease) pada udang vaname (udang vannamei, Litopenaeus Vannamei) adalah penyakit yang sering menyerang pada petambak udang vaname. Penyakit ini sangant dikhawatirkan oleh petambak udang tradisional, insentif yang biasanya pakai terpal, maupun yang super insentif,


Penyebab Berak Putih

  1. Karena pemilihan kolam tambak non tanah. Dimana biasanya berak putih udang vaname di tambak banyak terjadi di kolam tambak semen dan plastik. Sementara di tambak tanah jarang ditemukan karena mungkin bahan-bahan organik tersebut terserap atau dinetralisir oleh tanah dinding dan lantai tambak.
  2. Pemberian pakan yang berlebihan, pemberian pakan yang berlebihan saat memberi pakan guna mengejar pertumbuhan udang. Sehingga udang malas makan dan pakan banyak yang tersisa.
  3. Pembentukan plankton di awal proses salah sehingga kadang ditemukan plankton yang mati.
  4. Sirkulasi air yang buruk dan tidak cepat tanggap saat pertama kali terserang penyakit berak putih.
  5. Bisa juga karena kombinasi serangan parasit Gregarin (semacam cacing) dan bakteri Vibrio
  6. Air tambak kurang mengandung bakteri lactobaccillus sp yang sebenarnya berfungsi untuk membantu proses fermentasi bahan organik menjadi senyawa-senyawa asam lakat dan mikroba selulititik yang berfungsi sebagai pendegradasi bahan organik/pembusukan bahan organik.
Gejala Berak Putih
  1. Pada awalnya dijumpai kotoran udang seperti benang berwarna keputihan. Penyakit yang berpengaruh terhadap penurunan SR (Survival Rate) atau daya tahan tubuh udang ini menyerang di tambak-tambak.
  2. Pada umumnya diawali dengan menurunnya kualitas lingkungan budidaya. Kualitas  lingkungan yang dimaksud diantaranya meningkatnya konsentrasi Total Amonia Nitrogen (TAN) dan alkalinitas, tingkat kecerahan yang lebih rendah, serta adanya seksesi plankton.
  3. Serangan WFD di tambak diketahui ketika banyak plankton mati pada saat udang memasuki usia tiga minggu. Kemudian disusul oleh mulai mengambangnya berak putih ditambak udang.
  4. Terlihat berak putih mengambang di kolam yang biasanya muncul pada saat udang berusia 60 hati ke atas.
  5. Udangnya sendiri terlihat kropos, kurus dan tidak mau makan.
Dampak Berak Putih
  1. Akibatnya nafsu makan menurun serta terjadi kematian hingga 60%. Udang yang terserang WFD hepatopankeas yang berwarna putih dan lembek dan ditemukan parasit gregarin pada saluran pencernaan. WFD rata-rata muncul pada saat udang berusia 60 hari ke atas.
  2. Adanya penurunan SR karena udang yang terserang WFD tidak bertumbuh dan keropos sehingga mengurangi bobot.
Cara mencegah
  1. Perhatikan lingkungan sekitar perairan dan kualitas air seperti pH, suhu, salinitas, alkalinitas, supply aerator,dll.
  2. Pencegahan penyakit ini tergantung pengolaan lingkungan.
  3. Ketika hujan deras, pada waktu subuh tambak ditaburi kapur dolomite.
Berikan produk dibawah ini agar vitamin udang tetap terjaga dan daya tahan tubuh udang meningkat

TON


TON spesial tambak merupakan produk organik murni, sehingga sangat mendukung konsep agenda 21, yaitu kembali ke alam (Back to the Nature). TON spesial tambak dibuat dari bahan-bahan alami yang hanya ada di Indonesia. Ketersediaannya sangat melimpah, sehingga tidak akan habis sampai anak cucu kita.

TON spesial tambak mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan untuk perbaikan lingkungan/ekosistem tambak. Selain unsur-unsur ionik yang aktifitasnya tinggi, juga mengandung karbon aktif yang sangat baik untuk mengikat senyawa-senyawa beracun (toxic) yang mencemari lingkungan pertambakan. TON sepesial tambak mengandung unsur makro dan mikro lengkap yang sangat dibutuhkan oleh plankton (zoo dan phytoplankton) yang merupakan pakan alami udang dan ikan.

VITERNA Plus


VITERNA PLus merupakan suplemen pakan ternak yang diolah dari berbagai macam bahan alami (hewan dan tumbuhan), memberikan zat-zat yang sangat diperlukan bagi ternak.

POC NASA


POC NASA berfungsi multiguna yaitu selain terutama dipergunakan untuk semua jenis tanaman pangan juga berfungsi untuk ternak/unggas dan ikan/udang. Kandungan unsur hara mikro 1 ton pupuk kandang.

HORMONIK 


Ada tiga hormon yang mutlak dibutuhkan oleh tanaman dan hewan dalam proses pertumbuhannya, yaitu Auksin, Giberelin, dan Sitokinin. Apanila kekurangan salah satu dari hormon tersebut maka pertumbuhannya akan terganggu.

Semoga cara di atas dapat bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGATASI BERAK PUTIH PADA UDANG VANAME"

Posting Komentar

komentarlah yang beretika...!