PUSAT PELAYANAN ORDER PRODUK VITAMIN TERNAK VITERNA. HUBUNGI CALL CENTRE STOCKIST PT NATURAL NUSANTARA TLPN WA: 085 222 373 224

TAHAPAN DAN BUDIDAYA APLIKASI TON

TAHAP BUDIDAYA DAN APLIKASI TON


cara aplikasi ton nasa
Add caption


A. PERSIAPAN LAHAN

Persiapan lahan merupakan tahap yang sangat penting dalam budidaya air payau,terutama udang.Tahap ini akan sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam berbudidaya selanjutnya.Dalam tahap ini yang harus di lakukan adalah :

  • Mengeluarkan sisa sisa air budidaya sebelumnya atau genangan air bekas hujan atau apa saja yang masih menggenangi tambak.
  • Mengangkat lumpur hitam yang ada di permukaan tambak.
  • Membalik lahan dengan menggaru atau mencangkul.
  • Pengapuran lahan.untuk tahap pengapuran ini idealnya adalah dengan mengetahui tingkat keasaman ( PH ) tanah.yaitu : ph tanah 5,5-6,5 kebutuhan kapurnya = 500m - 1000 kg/ hektar, ph tanah 5,0-5,5 kebutuhan kapurnya =1000-1500 kg/hektar, ph tanah di bawah 5,0kebutuhan kapurnya = 2000-2500 kg/hektar


  • Mengeringkan lahan sampai kering benar ( + 1-4 minggu ) untuk lahan yang sudah lama di budidayakan hendaknya di lakukan pengeringan yang lebih lama.
  • Pemberian TON sebanyak 5-20 botol ke lahan.dengan kententuan/ kriteria: Areal tambak baru = 5 botol TON /hektar, Areal yang masih banyak berproduksi tetapi lahan sekitarnya sudah mengalami kegagalan =10 botol TON/ hektar. Areal yang masih banyak berproduksi tetapi tidak bisa mencapai umur 75 hari = 10 botol TON / hektar. Areal yang sudah rusak karena sama sekali tidak berproduksi = 20 botol TON/ hektar.


keterangan ;
Sudah tidak di perlukan lagi pemakaian urea maupun TSP/SP-36.
Untuk budidaya bandeng dosisnya separo dari dosis di atas.

Cara pemberianya ;
Larutkan TON dengan air secukupnya,kemudian tebar dan ratakan di lahan sampai tanggulnya.


  • Sebaiknya lahan juga di berikan zeolit sebanyak 250 kg-1 ton/hektar.

Fungsinya adalah untuk membantu mengikat suspensi tanah /lumpur di perairan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHAPAN DAN BUDIDAYA APLIKASI TON"

Posting Komentar

komentarlah yang beretika...!