PUSAT PELAYANAN ORDER PRODUK VITAMIN TERNAK VITERNA. HUBUNGI CALL CENTRE STOCKIST PT NATURAL NUSANTARA TLPN WA: 085 222 373 224

TEHNIK PEMBERIAN RANSUM SAPI POTONG

TEHNIK PEMBERIAN RANSUM PADA PENGGEMUKAN SAPI POTONG

SAPI  yang akan digemukan dan memperoleh ransum yang terdiri dari hijauan dan konsentrat harus diatur pemberiannya agar tercapai yang memuaskan. Pengertian konsentrat dalam hal ini yaitu berupa satu bahan pakan atau terdiri dari campuran beberapa bahan pakan yang mengandung serat kasar atau bahan yang tak tercerna relatif rendah.

Pemberian konsentrat dan hijauan diatur dalam suatu tehnik yang memberikan tingkat kecernaan ransum yang lebih tinggi sebab pemberian hijauan yang hampir bersamaan waktunya dengan pemberian konsentrat akan berakibat pada penurunan kecernaan bahan kering dan bahan organik ransum. Adanya hijauan dan konsentrat pada waktu yang bersamaan itu akan mengurangi kecernaan hijauan di dalam rumen. Hal ini terjadi karena mikroorganisme di dalam rumen mempunyai prefensi untuk mencerna konsentrat terlebih dahulu ( umumnya konsentrat lebih mudah dicerna daripada hijauan ). Pemberian konsentrat yang dilakukan dua jam sebelum pemberian hijauan akan meningkatkan kecernaan bahan kering dan bahan organik ransum. Hal ini terjadi karena konsentrat yang lebih banyak mengandung pati sebagian besar sudah dicerna oleh mikroorganisme rumen pada saat hijauan mulai masuk kedalam rumen.


Tehnik pemberian ransum yang baik pada sapi potong

Tehnik pemberian ransum untuk mencapai pertambahan bobot badan yang lebih tinggi pada penggemukan sapi potong adalah dengan mengatur jarak waktu antara pemberian konsentrat dengan hijauan. Pemberian konsentrat dapat dilakukan dua kali dalam sehari atau tiga kali dalam sehari semalam. Pemberian konsentrat dua kali dalam sehari semalam dapat dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 08 00 dan sekitar 15.00. Lain lagi dengan pemberian konsentrat dilakukan tiga kali dalam sehari semalam. Hal ini dapat dilakukan pada saat pukul 08.00, sekitar pukul 12.00 dan sekitar pukul 16 00.

Pemberian hijauan yang pertama kali dilakukan adalah sekitar 2 jam setelah pemberian konsentrat pada pagi hari. Pemberian hijauan ini dilakukan secara bertahap dan minimal 3 kali dalam sehari semalam. Prekuensi pemberian hijauan yang lebih sering dilakukan dapat meningkatkan kemampuan sapi untuk mengonsumsi ransum dan juga meningkatkan kecernaan bahan kering hijauan itu sendiri.

Cara pemberian hijauan pada sapi potong yang digemukan
sebaiknya dihindari pemberian yang sekaligus dan dalam jumlah yang banyak. Pemberian hijauan yang demikian ini akan berakibat pada banyaknya hijauan yang terbuang dan yang tidak dimakan sapi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEHNIK PEMBERIAN RANSUM SAPI POTONG"

Posting Komentar

komentarlah yang beretika...!