PUSAT PELAYANAN ORDER PRODUK VITAMIN TERNAK VITERNA. HUBUNGI CALL CENTRE STOCKIST PT NATURAL NUSANTARA TLPN WA: 085 222 373 224

CARA MENGATASI PENYAKIT TERNAK UNGGAS

Cara Mengatasi Penyakit Pada Ternak Unggas sangat di butuhkan oleh pembudidaya ternak, tentunya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak baik terjadi kepada ternak yang di budidayakan.
Ada beberapa macam jenis penyakit pada ternak unggas khususnya ternak ayam, baik itu ayam buras, ayam kampung, ayam lokal, ayam pedaging, ayam petelur dan sejenisnya. penyakit pada ternak ayam tersebut di sebabkan oleh coccidiosis, colisepticaemia, penyakit ib, gumboro, fowl colera unggas, infectious coryza, pullorum, flu burung, botulism, dan parasit internal maupun parasit eksternal.
Berikut penjelasan singkat tentang cara menanggulangi penyakit ternak ayam :
A . Penyakit Berak Darah Pada Ayam ( coccidiosis )
Penyebabnya : coccidia, penularannya melalui kotoran unggas yang terinfeksi.
Tanda tanda :
Ayam depresi, atau tidak lincah, diare berdarah, bobot berkurang, ayam kelihatan pucat.
Pengobatan : coccidiostats
B . Penyakit colliseoticaemia pada ayam
Penyebabnya : echericia colli, penularannya melalui kotoran yang terinfeksi
Tanda tanda :ayam terlihat lemah, diare, bobot ayam menurun, ayam lumpuh, kadang ayam napasnya sesak.
Pengobatan ; antibiotik
C . Kolera unggas atau diare hijau pada ayam
Penyebabnya : pasteurella multocida, penularannya melalui leleran dan kotoran yang terinfeksi
Tanda tanda :unggas lelah dan lemah, bulu berdiri, tidak nafsu makan, jengger dan pial berwarna kebiruan, wajah bengkak, persendian bengkak, napas cepat, batuk dan bersin, ada leleran di mata, diare kuning atau hijau.
Pengobatan : antibiotik
D . Penyakit infectious coryza ( snot ) pada ayam
Penyebabnya : hemophilus paragallinarum, penularannya melalui leleran hidung dan mata
Tanda tanda : stres dan nafas berbunyi, bersin, leleran hidung berwarna bening pada awalnya, tetapi menjadi kuning dan berbau tidak sedap, leleran dari mata, kelopak mata lengket, unggas menggoyangkan kepalanya, dan muka bengkak.
Pengobatan : antibiotik
E . Penyakit berak putih pada ayam
Penyebabnya ; salmonella pullorum, penularannya melalui kotoran yang terinfeksi
Tanda tanda : diare berwarna putih kapur, kloaka kotor, lemah, mata tertutup, sayap terkulai
Pengobatan : antibiotik,
F . Penyakit flu burung
Penyebabnya ; virus influenza (h5n1)
Tanda tanda :kematian mendadak dengan tanda klinis : tidak mau makan, stres dan mengeluarkan napas berbunyi, batuk dan bersin, leleran dari mata dan hidung, bengkak pada muka, produksi telur menurun, cangkang telur lunak, diare bintik bintik darah dibawah kulit terlihat jelas di bagian kaki, lumpuh, tremor.
Pengobatan : tidak ada
G . Penyakit tetelo
Penyebabnya : paramyxovirus, penularannya melalui kotoran unggas, pernafasan dan leleran dari mata dan hidung.
Tanda tanda : unggas terkena virus ini yang tadinya sehat bisa saja mati tanpa menunjukan tanda tanda sakit, sayap unggas mengembang dan kelihatannya seperti menyeret sayap di tanah dan tidak memiliki nafsu makan, sulit bernafas, tingkat kematian sangat tinggi.
Pengobatan ; tidak ada.
H . Penyakit lumpuh pada unggas
Penyebabnya : clostridium botulinum, penularannya melalui kotoran yang terinfeksi.
Tanda tanda : kelumpuhan pada kaki, sayap dan leher, diare, sesak nafas.
Pengobatan : antibiotik, sodium selenit.
I . Penyakit cacing pada ayam.
Penyebabnya : cacing gelang ascarids, cacing rambut capillaria, cacing caecal heterakis, cacing pita. penularannya melalui kotoran unggas yang terinfeksi.
Tanda tanda :hilang nafsu makan, bobot menurun, diare, ditemukan cacing pita atau segmen cacing pada pases atau kotoran ayam.
Pengobatan : anthelmintika, biji pepaya.
J . Penyakit kutu / tungau pada ayam
Penyebabnya : echidnophaga gallinacea (kutu ) knemidocoptes mutans (tungau), penularannya melalui kotoran yang terinfeksi.
Tanda tanda : unggas terganggu dan gelisah menggaruk garuk mata, kulit jengger dan pial berwarna pucat karena kehilangan darah, anak unggas yang terserang akan mati.
Pengobatan : bersihkan kandang dan sarang secara teratur dan menyeluruh, tebarkan abu atau kapur di lantai dan dinding sarang kandang ayam, asapi kandang secara teratur, gunakan bubuk pembersih insektisida dan semprotkan jika tersedia.
 www.jualviterna.com,

Untuk Pengendalian Penyakit Ternak Unggas di atas tentu tidaklah mudah, tapi yang paling penting dilakukan oleh peternak atau pembudidaya adalah tindakan pencegahan, salah satu tindakan pencegahan adalah melakukan sanitasi kandang dan di lakukan vaksinasi ternak.yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kondisi kesehatan ternak yang dipelihara dengan memberikan pakan yang cukup serta memberikan suplemen atau vitamin yang sanggup mencukupi segala kebutuhan nutrisi yang di perlukan oleh ternak, harapannya adalah supaya ternak tumbuh sehat sehingga mampu terjaga kondisinya dari serangan penyakit penyakit yang ada, karena sistem kekebalan tubuhnya terjaga.
Vitamin ternak VITERNA PLUS adalah salahsatu produk yang bisa menjadi alternatif untuk mencegah berbagai macam penyakit dengan sistem nutrisi cukup, sehingga ternak unggas memiliki daya tahan tubuh yang baik dan pada akhirnya mampu terhindar dari berbagai penyakit penyakit unggas tersebut diatas.
sekian tulisan saya tentang beberapa Penyakit Pada Ternak Unggas, Penyakit Ternak Ayam, Penyakit Ternak Bebek, Penyakit Ternak Puyuh dan penyakit ternak unggas lainnya semoga bermanfaat.
www.jualviterna.com

Ternak sukses bersama vitamin ternak viterna plus

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGATASI PENYAKIT TERNAK UNGGAS"

Posting Komentar

komentarlah yang beretika...!