PUSAT PELAYANAN ORDER PRODUK VITAMIN TERNAK VITERNA. HUBUNGI CALL CENTRE STOCKIST PT NATURAL NUSANTARA TLPN WA: 085 222 373 224

TEHNIK BUDIDAYA AYAM JOPER

Faktor penentu dalam beternak ayam jowo super ( joper ) diantaranya adalah bibit, pakan berkualitas, kandang yang sehat, manajemen pemeliharaan, pengelolaan penyakit, pasca panen dan pemasarannya.

1. BIBIT

Bibit ayam kampung super ( DOC ) dapat diperoleh dengan cara membeli DOC ayam kampung super langsung dari pembibit. secara singkat DOC ayam kampung yang sehat dan baik mempunyai kriteria sebagai berikut : dapat berdiri tegap, sehat dan tidak cacat, mata bersinar, pusar terserap sempurna, bulu bersih dan mengkilap, tanggal menetas tidak lebih lambat atau cepat, bibit joper berisi kurang lebih 100 ekor per dus.

2. PAKAN

Kita ketahui bersama bahwa pakan mempunyai kontribusi besar 60% dalam keberhasilan suatu usaha. pakan untuk ayam kampung super sebenarnya fleksibel dan tidak serumit kalau kita beternak ayam pedaging, petelur atau puyuh sekalipun. pakan ayam kampung super berupa konsentrat yang sesuai dengan alokasi biaya yang kita keluarkan, atau bisa di mencampur ramuan pakan sendiri.
sebagai referensi BR 1 murni untuk pakan umur 0-35 hari, dan umur 35-65 hari pakai campuran BR - 1 + tepung ikan + dedak jagung + mineral + polar atau kadang kadang idak pakai polar.
Perbandingan campuran pakan tersebut BR-1 sekitar 46%, tepung ikan 13%, dedak jagung 34%, mineral 2% dan polar 15%.

Jumlah pakan yang di berikan sesuai tingkatan umur adalah ;

5,5 Gram/hari/ekor sampai umur 1 minggu
10 Gram/hari/ekor sampai umur 2 minggu
15 Gram/hari/ekor sampai umur 3 minggu
22,5 Gram/hari/ekor sampai umur 4 minggu
27,5 Gram/hari/ekor sampai umur 5 minggu
32,5 Gram/ hari/ekor sampai umur 6 minggu
42,5 Gram/hari/ekor sampai umur 7 minggu
45 Gram/hari/ekor sampai umur 8 minggu
50 Gram/hari/ekor sampai umur 60-65 hari

Sedangkan air di berikan secara tidak terabatas (ad libitum ) tetapi harus di kontrol dan di ganti tiap 12 jam sekali dan pada tahap-tahap awal pemeliharaan perlu di campur dengan vitamin + ramuan herbal seperti :VITERNA dan POCNASA

VITERNA plus UNTUK AYAM JOPER merupakan suplemen khusus ternak dengan kandungan :
Mineral-mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang,organ luar dan dalam,pembentukan darah dll
Asam amino utama seperti Arginin,Histidin,Isoleucin,Lycine,Methionine,Phenylalanine,Threonine,Thryptophan,dan valine sebagai penyusun protein untuk pembentukan sel, jaringan,dan organ tubuh.
Vitamin-vitamin lengkap,lengkap, yaitu A,D,E,K,C dan B komplek untuk kesehatan dan ketahanan tubuh.
Pemberian POC NASA,yang mengandung berbagai mineral,protein,dan lemak nabati,serta kandungan hormon organik yang mampu meningkatkan pertumbuhan ternak ayam joper,ketahanan tubuh,mengurangi kadar kolesterol daging dan mengurangi bau kotoran, sehingga budidaya ternak ayam joper bisa di lakukan dalam waktu lebih singkat tetapi tetap mendapatkan hasil yang optimal.
Pemakaian VITERNA PLUS dan  POC NASA bisa di lakukan sebagai campuran air minum yang di berikan pagi dan sore hari.bisa pula di campurkan sebagai pembasah pada pakan konsentrat.


3.PERKANDANGAN

KANDANG YANG BAIK UNTUK AYAM JOPER

Syarat kandang yang baik : jarak kandang dengan pemukiman minimal 5 m, tidak lembab, sinar matahari pagi dapat masuk dan sirkulasi udara cukup baik. sebaiknya memilih lokasi yang agak rindang dan terhalangi oleh bangunan atau tembok lain agar angin tidak berhembus langsung ke dalam kandang.
Penyucihamaan kandang dan peralatanya di lakukan secara teratur sebagai usaha biosecurity dengan menggunakan desinfektan yang tepat dan tidak membahayakan bagi ternak itu sendiri. Banyak pilihan jenis desinfektan yang di tawarkan oleh berbagai produsen pembuatan obat.

Ukuran kandang :tidak ada ukuran standart kandang yang ideal, akan tetapi ada anjuran sebaiknya lebar kandang antara 4-8 M,Yang perlu mendapat perhatian adalah daya tampung atau kapasitas kandang. Tiap meter persegi sebaiknya di isi antara 45-55 ekor DOC ayam kampung super sampai umur 2 minggu,kemudian jumlahnya di kurangi sesuai dengan bertambahnya umur ayam, idealnya sampai panen per m2 antara 10-15 ekor.

Bentuk kandang yang di anjurkan adalah kandang postal dengan lantai tanah bisa atau lebih bagus diplester kemudian di lapisi letter ( alas kandang ) dengan campuran sekam dan sedikit kapur setebal kurang lebih 10 cm. model atap monitor yang terdiri dari dua sisi dengan bagian puncaknya ada lubang sebagai ventilasi dan bahan atap menggunakan genteng atau asbes.

Pemeliharaan ayam kampung super di bagi dalam dua fase yaitu fase starter ( umur 1-3 minggu ) dan fase finisher ( umur 4-8 minggu ) pada fase starter boiasanya di gunakan kandang bok ( dengan pemanas ) bisa bok khusus  atau juga kandang postal yang di beri pagar. suhu dalam kandang bok biasaanya berkisar antara  30-35 drajat celcius. pada fase finisher di gunakan kandang ren atau postal seperti model pemeliharaan ayam broiler.

ayam joper, kandang ayam joper, ayam jowo super, budidaya ayam joper, cara pelihara ayam jowo super, viterna plus untuk ayam joper, poc nasa untuk ayam joper, harga viterna untuk ayam joper

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEHNIK BUDIDAYA AYAM JOPER"

Posting Komentar

komentarlah yang beretika...!