PUSAT PELAYANAN ORDER PRODUK VITAMIN TERNAK VITERNA. HUBUNGI CALL CENTRE STOCKIST PT NATURAL NUSANTARA TLPN WA: 085 222 373 224

CARA MENGHADAPI FLUKTUASI HARGA AYAM

CARA MENGHADAPI FLUKTUASI HARGA AYAM

Kiat untuk mengantisipasi fluktuasi atau naik turunnya harga ayam khususnya ayam broiler atau ayam pedaging.

www.jualviterna.com


Fluktuasi harga ayam pedaging pada khususnya selalu terjadi tiap tahun. Tantangan ini harus di antisipasi oleh peternak. Caranya dengan melakukan penjadwalan produksi agar panen dapat dilakukan tidak pada saat harga anjlok. Untuk itu, perlu diusahakan agar panen selalu terjadi pada saat harga baik. untuk usaha ayam pedaging/broiler, hal tersebut mudah dilakukan pada satu waktu. Misalnya, harga baik terjadi pada pertengahan hingga minggu terakhir bulan puasa, pembelian DOC dilakukan 6 minggu sebelum minggu terakhir bulan puasa. Ini berlaku jika penjualan dilakukan pada umur 6 minggu. Apabila harga ayam pada pada minggu pertama atau kedua bulan syawal kurang baik, di usahakan agar ayam tidak dipanen pada minggu minggu tersebut. Untuk itu, waktu istirahat kandang bisa diperpanjang agar panen bisa dilakukan saat harga ayam sudah membaik.

Melakukan kontrak dengan konsumen besar, seperti restoran merupakan bentuk antisipasi lain yang bisa dilakukan peternak untuk menghadapi fluktuasi. Dengan cara itu, harga ayam bisa ditetapkan saat kontrak tanpa dipengaruhi oleh naik turunnya harga dipasaran. Sistem sangat menguntungkan kedua belah pihak. Dengan cara demikian, kebutuhan konsumen akan daging atau telur juga menjadi lebih terjamin.

Selain hal tersebut, kerugian akibat menurunnya harga secara tajam dapat ditekan seminimal mungkin dengan dengan penanganan kesehatan yang baik. Seperti diketahui, ternak yang produktif adalah ternak yang sehat. Mempertahankan kesehatan sangat murah jika dibandingkan biaya yang dikeluarkan untuk mengobati ternak yang sudah terlanjur sakit.

Penanganan kesehatan ternak yang baik dengan perlakuan sanitasi yang tepat. Hal penting lainnya adalah melakukan vaksinasi sesuai dengan aturan dan memberi pakan yang cukup, baik dari segi mutu dan jumlah. Yang tak kalah pentingnya adalah memberikan suplemen ternak atau vitamin ternak tambahan untuk membantu memaksimalkan fungsi pakan agar supaya pakan tersebut benar benar terserap dan dimanfaatkan sempurna oleh pertumbuhan ternak. Dalam hal ini kami merekomendasikan VITERNA, POC NASA dan HORMONIK vitamin untuk ayam pedaging, dan VITERNA, POC NASA vitmin untuk ayam petelur.


Penanganan kesehatan juga berarti memberikan istirahat kandang yang cukup, yaitu minimal 2 minggu. Dengan istirahat kandang, sanitasi kandang bisa terjaga, siklus coccidiosis bisa terputus, dan udara di dalan kandang menjadi lebih segar karena kandungan amoniak menurun. Para pakar peternakan mengungkapkan bahwa kandang yang dipakai terus menerus akan memudahkan penyakit untuk bercokol didalam kandang. Artinya, kemungkinan ayam terserang penyakit menjadi lebih besar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGHADAPI FLUKTUASI HARGA AYAM"

Posting Komentar

komentarlah yang beretika...!