PUSAT PELAYANAN ORDER PRODUK VITAMIN TERNAK VITERNA. HUBUNGI CALL CENTRE STOCKIST PT NATURAL NUSANTARA TLPN WA: 085 222 373 224

JENIS SAPI IMPOR UNTUK BAKALAN PENGGEMUKAN

JENIS JENIS SAPI IMPOR UNTUK BAKALAN USAHA PENGGEMUKAN

Selain sapi sapi lokal, sapi untuk bakalan dalam usaha penggemukan dapat pula dipilih dari jenis sapi impor. beberapa yang penting diutarakan adalah sebagai berikut :

1 . SAPI HEREFORD

Sapi hereford berasal dari inggris dan mulai dikembangkan sebagai penghasil daging di amerika serikat pada tahun 1840, selain di amerika ,sapi jenis ini tersebar luas di amerika latin, kanada, australia, selandia baru, dan afrika selatan. sapi hereford mudah dikenali. warnanya merah dan mukanya putih. warna putih juga terdapat pada dada, sisi badan, perut bawah, keempat kaki dari batas lutut, bahu dan ekor. postur tubuhnya rendah, tetapi tegap, urat dagingnya padat. bobot jantan dewasa sekitar 850kg , sedangkan betina sekitar 650kg.


2 . SAPI SHORTORN

Sapi shorthorn berasal dari inggris, mulai dikembangkan di amerika sekitar tahun1783 di daerah virginia. bentuk tubuhnya besar, bujur sangkar, dan kompak. warna bulu bervariasi dari merah ke putih dan kombinasi merah dan putih dan kelabu. bobot badan jantan dewasa mencapai 1000kg, sedangkan betina 770kg.


3 . SAPI ABERDEEN ANGUS

Sapi aberdeen angus merupakan salah satu jenis sapi penghasil daging yang terkenal di amerika, sapi jenis ini berasal dari daerah beriklim dingin dan lembab di sebelah utara skotlandia. sapi jenis ini mulai di masukan ke amerika pada tahun 1873. bentuk sapi jenis ini lebar, kompak, dan mempunyai urat daging yang baik. warna tubuhnya hitam seluruhnya, tetapi kadang kala terdapat warna putih pada bagian bawah di belakang pusat.


4 . SAPI CHAROLAIS

Sapi charolais adalah sapi prancis dan merupakan salah satu jenis sapi daging yang terkenal di prancis. sapi ini di datangkan ke amerika terutama di daerah daerah texas, lousiana, dan plorida. warna tubuhnya krem muda atau keputih putihan. postur tubuhnya besar dan padat, tetapi kasar. bobot jantan dewasa mencapai 1000kg, sedangkan betina sekitar 750kg.


5 . SAPI BRAHMAN

Sapi brahman berasal dari india, sapi jenis ini mulai dibawa ke amerika pada tahun 1854. sapi brahman ditandai dengan ponok yang besar pada jantan tetapi kecil pada betina. ukuran tubuhnya besar , warna tubuh sapi jenis ini umumnya gelap keabu abuan, namun adapula yang kemerah merahan atau hitam juga putih. warna pada jantan lebih gelap di bandingkan dengan betina. gelambir lebar tumbuh di bawah perut.
sapi brahman mampu berkembang baik dengan pakan yang berkualitas rendah serta tahan terhadap panas dan gigitan caplak. dalam keadaan biasa sapi brahman berbobot 800kg untuk jantan dewasa, sedangkan untuk betina berkisar 550kg.
beberapa paternak di pulau jawa sudah melakukan sapi brahman cross sebagai bakalan untuk usaha penggemukan yang di impor dari australia. penggemukan yang dilakukan di wonogiri ( jawa tengah ) berhasil mendapatkan bobot antara 0,83-1,5 kg /per hari, dengan bobot awal berkisar 240-300kg.

www.jualviterna.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JENIS SAPI IMPOR UNTUK BAKALAN PENGGEMUKAN"

Posting Komentar

komentarlah yang beretika...!